TERNAK ORGANIK NASA

STOCKIST NASA H.1339 BBM: D60FDB25 / WA: 0857-5692-2292

Cara Cepat Penggemukan Sapi

Penggemukan sapi dalam waktu 40 hari dengan produk NASA
Produk yang digunakan adalah:
- VITERNA Plus 500 cc Rp.50.000,-
- POC NASA 500 cc Rp.40.000

Pemberian cukup sehari 1 kali masing-masing produk hanya butuh setengah tutup saja, bisa dicampurkan di air minum sapi atau campurkan pada pakan komboran sapi

Mudah kan......???

Dibawah ini sedikit uraian tentang pakan untuk ternak Sapi:

Berdasarkan kondisi fisioloigis dan sistem pencernaannya, sapi digolongkan hewan ruminansia, karena pencernaannya melalui tiga proses, yaitu secara mekanis dalam mulut dengan bantuan air ludah (saliva), secara fermentatif dalam rumen dengan bantuan mikrobia rumen dan secara enzimatis setelah melewati rumen.


Penelitian menunjukkan bahwa penggemukan dengan mengandalkan pakan berupa hijauan saja, kurang memberikan hasil yang optimal dan membutuhkan waktu yang lama. Salah satu cara mempercepat penggemukan adalah dengan pakan kombinasi antara hijauan dan konsentrat. Konsentrat yang digunakan adalah ampas bir, ampas tahu, ampas tebu, bekatul, kulit biji kedelai, kulit nenas dan buatan pabrik pakan. Konsentrat diberikan lebih dahulu untuk memberi pakan mikrobia rumen, sehingga ketika pakan hijauan masuk rumen, mikrobia rumen telah siap dan aktif mencerna hijauan. Kebutuhan pakan (dalam berat kering) tiap ekor adalah 2,5% berat badannya. Hijauan yang digunakan adalah jerami padi, daun tebu, daun jagung, alang-alang dan rumput-rumputan liar sebagai pakan berkualitas rendah dan rumput gajah, setaria kolonjono sebagai pakan berkualitas tinggi.


Penentuan kualitas pakan tersebut berdasarkan tinggi rendahnya kandungan nutrisi (zat pakan) dan kadar serat kasar. Pakan hijauan yang berkualitas rendah mengandung serat kasar tinggi yang sifatnya sukar dicerna karena terdapat lignin yang sukar larut oleh enzim pencernaan. Oleh karena itu PT. NATURAL NUSANTARA membantu peternak dengan mengeluarkan produk NATURAL PROBIOTIK (NPB) yang dapat membuat pakan berkualitas rendah menjadi mudah dicerna. NPB mengandung :
  • Bakteri sellulolitic strain dominant, yaitu bakteri dalam cairan rumen yang mampu memecah dinding sel dengan kadar lignin tinggi.
  • Multi enzim yang disintesa dari rumen.
  • Pengkelat bahan-bahan anti nutrisi.
Cara pemakaian NPB adalah sebagai berikut :

  1. Campurkan 1 kg NPB dalam 100 liter air.
  2. Bahan pakan dirajang hingga berukuran 20-25 cm untuk meningkatkan efektifitas proses fermentasi.
  3. Tumpuk bahan pakan berlapis-lapis hingga tinggi maksimal 150 cm.
  4. Siram tumpukan bahan pakan dengan air secara merata yang bertujuan untuk membasahi bahan pakan.
  5. Siram tumpukan pakan dengan larutan NPB secara merata. Usahakan seluruh bahan pakan terkena siraman larutan NPB.
  6. Tutup tumpukan pakan dengan plastik secara rapat. Setelah 48 jam tumpukan akan menjadi panas yang menandakan proses fermentasi berlangsung baik.
  7. Pada hari ke-7 diamati, jika proses fermentasi telah sempurna (ditandai dengan bau caramel/bir dan bahan pakan telah lunak) proses fermentasi dapat diakhiri.
  8. Jika proses belum sempurna, diperpanjang 15 hari.
  9. Sebelum diberikan kepada ternak bahan pakan diangin-anginkan lebih dahulu untuk membuat pakan kering dan tidak lembab sehingga lebih disukai oleh ternak.

Selain NPB, PT. NATURAL NUSANTARA juga mengeluarkan suplemen khusus ternak yaitu VITERNA Plus. Produk ini menggunakan teknologi asam amino yang diciptakan dengan pendekatan fisiologis tubuh sapi, yaitu dengan meneliti berbagai nutrisi yang dibutuhkan ternak.


VITERNA Plus mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan ternak, yaitu :

  • Mineral-mineral sebagai penyusun tulang, darah dan berperan dalam sintesis enzim, yaitu N, P, K, Ca, Mg, Cl dan lain-lain.
  • Asam-asam amino, yaitu Arginin, Histidin, Leusin, Isoleusin dan lain-lain sebagai penyusun protein, pembentuk sel dan organ tubuh.
  • Vitamin lengkap yang berfungsi untuk berlangsungnya proses fisiologis tubuh yang normal dan meningkatkan ketahanan tubuh sapi dari serangan penyakit.
  • Asam - asam organik essensial, diantaranya asam propionat, asam asetat dan asam butirat.
Cara penggunaannya adalah dengan dicampurkan dalam air minum atau komboran dengan dosis :
~~ 5 cc/ekor perhari untuk sapi, kerbau dan kuda
~~ 4 cc/ekor perhari untuk kambing dan domba.


Penambahan VITERNA Plus tersebut dilakukan pada pemberian air minum atau komboran yang pertama. Untuk hasil maksimal tambahkan POC NASA dengan dosis 5 cc/ekor perhari.

Pemesanan Produk NASA Hub:
- Pin BB: 52DD23E6
- Telp/Sms: 085-225-959595
- Wa: 0857-5692-2292
- Email: hartininasa2512@gmail.com
- Web Terkait: http://www.jualpupuknasa.com/




DENGAN PRODUK NASA
TERNAK SAPI SEHAT, BOBOT MENINGKAT
UNTUNG BERLIPAT

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Cepat Penggemukan Sapi"

Post a Comment