TERNAK ORGANIK NASA

STOCKIST NASA H.1339 BBM: D60FDB25 / WA: 0857-5692-2292

Kunci Sukses Budidaya Perikanan Air Tawar Teknologi Organik NASA

Semangat Pagi Sahabat Nusantara....
Pada kesempatan yang luar biasa ini, saya akan mengulas sedikit pertanyaan dan permasalahan yang sering terjadi dalam Budidaya Perikanan Air Tawar yang sering dialami oleh peternak ikan di Indonesia pada umumnya....

1. Bagaimana mengatasi penyakit karena jamur pada ikan air tawar...?
==> Penyakit jamur pada ikan air tawar merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh parasit, cendawan atau hama dapat ditanggulangi dengan menggunakan bahan kimia atau insektisida.
Disinfektan yang biasa digunakan adalah benzalkonium chlorine, chlorine, formaldehyde, dan iodine.
Dalam pemberian antibiotika maupun disinfektan, yang terpenting dan harus diperhatikan adalah dosis dan cara pemakaian serta waktu henti obatnya (with drawal time).
Pemberian TON baik sebelum mauoun selama budidaya berlangsung akan membantu mengurangi resiko pertumbuhan jamur di air kolam.

2. Bagaimana cara mengatasi kanibal pada ikan lele yang sering terjadi,,,?
==> Kanibal pada lele disebabkan oleh 2 hal, yaitu pakan yang kurang atau padat tebar yang terlalu tinggi. Sehingga untuk mengatasinya harus disesuaikan dengan penyebabnya tersebut. Jika kurang pakan maka pakan harus ditambah sampai maksimal 2,5% dari berat badan per hari. Atau secara mudahnya dengan melihat respon ikan terhadap pakan yang kita tebarkan. Jika terlalu padat (lebih dari 150 ekor per meter persegi) maka harus dikurangi dengan menempatkan lele yang berukuran sama.

3. Budidaya lele tahap apa yang paling menguntungkan...?
==> Budidaya lele dapat digolongkan menjadi beberapa tahap yaitu tahap pembenihan, tahap pendederan, dan tahap pembesaran yang masing-masing punya resiko dan keuntungan sendiri.
Tahap pembenihan mempunyai resiko dan tingkat kesulitan yang besar namun juga menjanjikan keuntungan yang besar pula.
Tahap pendederan punya resiko dan kesulitan sedang, namun keuntungan juga sedang-sedang saja.
Tahap pembesaran pula punya resiko dan kesulitan besar namun tingkat keuntungan relatif kecil.

4. Berapa dosis penggunaan VITERNA dan POC NASA serta HORMONIK pada budidaya ikan Nila dan bagaimana cara aplikasi yang efektif...?
==> Jika menggunakan ketiga produk tersebut, cara pencampurannya adalah : Viterna dan Poc Nasa masing-masing 1 botol dicampur menjadi satu, kemudian campuran tersebut ditambah dengan 1 - 2 tutup HORMONIK. Sedangkan dosis penggunaannya sama saja untuk semua jenis ikan maupun udang, yaitu 1 tutup botol campuran tersebut ditambah dengan 0,5 - 1 liter air yang kemudia dicampur dengan 2 - 3 kg pakan ikan atau pakan udang.

5. Berapa kepadatan kolam ikan lele yang ideal per meter perseginya...?
==> Kepadatan tebar ikan lele yang ideal sebenarnya bervariasi antara 100 sampai 150 ekor per meter persegi. Jika terlalu jarang maka akan tercipta ruang gerak yang terlalu lebar sehingga ikan akan lebih banyak bergerak yang akan menggunakan energy dari pakan. Hal ini tentu akan mengurangi nutrisi pakan untuk pembentukan daging. Jika terlalu padat, efeknya adalah resiko kanibalisme dan pertumbuhan yang tidak rata (variasi).

Untuk meningkatkan produksi perikanan air tawar, sangat disarankan untuk menggunakan Produk Pribiotik dari PT. NASA yaitu TANGGUH PROBIOTIK.


Dosis Pemakaian TAPRO (Tangguh Probiotik):

  1. Setengah tutup botol Tangguh Probiotik + 1 tutup botol Viterna Plus + 1 liter air untuk 3 - 5 kg pakan ikan atau pakan udang.
  2. 1 tutup Tangguh Probiotik + 1 sendok makan TON + 5 liter air untuk tambak atau kolam per 10 meter persegi, diaplikasikan 10 hari sekali.
Tangguh Probiotik diformulasikan khusus untuk menyempurnakan proses fermentasi di dalam pencernaan ternak, ikan dan udang sehingga pertumbuhan lebih cepat. TAPRO (Tangguh Probiotik) dibuat dari bahan-bahan alami murni sehingga aman dan sehat serta meningkatkan gizi, cita rasa, dan palatabilitas (tingkat kesukaan ternak).
Tangguh Probiotik juga berfungsi meningkatkan kesuburan perairan sekaligus kesehatan ikan dan udang.

Kesaksian penggunaan Produk NASA pada Budidaya Lele

Demikianlah artikel tentang Budidaya Perikanan Air Tawar, semoga bermanfaat...
Dapatkan PRODUK NASA untuk budidaya perikanan air tawar (lele, nila, sidat, dll) hanya melaluDISTRIBUTOR RESMI NASA.....


DENGAN PRODUK NASA
PERTUMBUHAN IKAN UDANG CEPAT
BOBOT MENINGKAT
UNTUNG BERLIPAT
~~~~~~~~~

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kunci Sukses Budidaya Perikanan Air Tawar Teknologi Organik NASA"

Post a Comment