TERNAK ORGANIK NASA

STOCKIST NASA H.1339 BBM: D60FDB25 / WA: 0857-5692-2292

Kunci Sukses Budidaya Bebek Petelur

Semangat Pagi Peternak Indonesia...
Pada kesempatan yang luar biasa ini, kali ini kita akan mengulas tentang itik petelur atau bebek petelur, dimana yang kita tau bahwa keberhasilan dalam usaha ternak bebek petelur di negara kita ini masih tergolong rendah. Sebelum kita ulas lebih lanjut, kita kenali terlebih dahulu jenis-jenis bebek atau itik yang ada di Indonesia...


Jenis-jenis Bebek Petelur (Itik Petelur) di Indonesia:
A. Itik Tegal
==> Cirinya adalah bentuk badan hampir tegak lurus dan langsing menyerupai botol. Tinggi badan mencapai 50 cm dengan berat badan rata-rata 1,5 kg per ekor. Mulai bertelur umur 5,5 - 6 bulan dengan masa produksi selama 11 bulan terus menerus setiap tahunnya. Bobot telur 65 - 70 gram. Produksi telur mencapai 250 butir/ekor/tahun.

B. Itik Magelang
==> Bentuk badan dan produksi telur serta masa mulai bertelur hampir sama dengan itik tegal. Umumnya memiliki bulu berwarna kecoklatan dan memiliki warna putih melingkar di leher seperti kalung.

C. Itik Mojosari
==> Postur tubuh sama dengan itik tegal, hanya umumnya lebih kecil. Telur yang dihasilkan lebih besar dan beratnya rata-rata 70 gram/butir dengan cangkang berwarna biru kehijauan. Produksi telur mencapai 200 butir/ekor/tahun. Bulu berwarna kemerahan dengan kombinasi coklat, putih dan hitam.

D. Itik Alabio
==> Berasal dari Kalimantan, postur tubuh segitiga dan jika berdiri membentuk sudut 60 derajat dengan tanah. Produksi telur mencapai 250 - 300 butir/ekor/tahun. Mulai bertelur umur 9 bulan. Bulu berwarna abu-abu.

Tanya Jawab Budidaya Bebek Petelur 
1. Berapa jumlah pemberian pakan ideal untuk bebek petelur dan bagaimana produksi telur standarnya...?
==> Pemberian pakan bebek petelur : 150 gram/ekor/hari.
Rata-rata produksi telur harian adalah 62% atau 19 butir/ekor/bulan.

2. Bagaimana contoh komposisi pakan untuk bebek petelur...?
==> Contoh pakan bebek petelur dalam 100 kg : katul 33 kg, nasi aking 45,5 kg; lisin 0,6 kg; metionin 0,2 kg; pakan pabrik 2,7 kg; mineral 0,5 kg; kapur 3 kg; tepung ikan 15,5 kg.
Mineral dan vitamin dapat diberikan dengan menggunakan PRODUK NASA yaitu: VITERNA PLUS dan POC NASA.

3. Kapan bebek atau itik mulai bertelur...?
==> Itik atau bebek mulai bertelur pada umur sekitar 6 bulan, tetapi perlu waktu untuk penyesuaian dengan lingkungan yang baru, meliputi: kandang, pakan dan pengelolaan yang pasti berbeda dari sebelumnya.
Faktor yang menentukan produksi telur adalah:
  • Sifat genetik atau keturunan
  • Pakan
  • Manajemen pemeliharaan
  • Pencegahan dan pengendalian penyakit
  • Kondisi cuaca
4. PRODUK NASA untuk bebek petelur apa saja dan bagaimana manfaatnya...?
  • Produk Nasa untuk bebek petelur adalah : Viterna dan Poc Nasa
  • Kandungan Viterna dan Poc Nasa adalah : Protein, mineral, vitamin yang berasal dari bahan-bahan organik/alami, bukan bahan kimia/sintetik.
  • Cara pemakaian : Viterna dan Poc Nasa di campur terlebih dahuhu dijadikan larutan induk. 
  • Dosis: 1 tutup botol campuran 2 produk tersebut, dicampur pada pakan basah atau komboran sebanyak 10 - 15 kg.
  • Waktu pemberian : diberikan 3 hari sekali. Pagi atau sore hari.
Keunggulan PRODUK NASA pada Bebek Petelur :
  • Berasal dari bahan alami/organik, bukan dari bahan kimia/sintetik.
  • Mampu menggantikan pemberian vitamin dan mineral kimia/sintetik.
  • Meningkatkan nafsu makan.
  • Mengurangi kestresan pada bebek, baik pada saat masuk kandang pertama kali, setelah bebek divaksinasi atau saat bebek dalam proses pengobatan.
  • Meningkatkan produksi telur bebek 40 - 50%per harinya, dibandingkan dengan yang tidak menggunakan Produk NASA pada masa produksi telur.
  • Angka kematian : 2 - 4%.
  • Mengurangi bau kotoran.
  • Meningkatkan kesehatan bebek.
5. Bagaimana cara seleksi bebek petelur selama pemeliharaan...?
==> Kualitas bebek sangat bervariasi karena faktor genetik. Langkah yang harus dilakukan peternak adalah secepatnya mengeluarkan itik yang produksinya rendah. Itik atau bebek yang tidak pernah bertelur dapat dilihat dari lubang kloaka (anus) nya yang sempit, sedangkan yang pernah bertelur pasti terlihat melebar. Jika bebek yang lain sudah bertelur sampai satu bulan, maka itik yang tidak produktif tersebut harus segera dikeluarkan dari kandang.
Itik atau bebek yang tidak teratur secara fisik umumnya terlihat lebih gemuk dan kondisi bulunya masih bagus dan mengkilap. Itik tersebut merugikan, karena makannya banyak tetapi tidak bertelur.
Untuk memudahkan proses seleksi, itik sebaiknya dikelompokkan pada kandang yang tersekat paling banyak 50 ekor. Selain itu, itik dapat diperiksa bertelur atau tidak pada sore hari menjelang itik tidur. Bebek / itik bertelur menjelang pagi hari. Pada sore hari telur bebek sudah terbentuk di dalam saluran reproduksi di perutnya. Telur yang sudah terbentuk dapat diraba dari luar.

6. Bagaimana tanda-tanda itik yang baik...?
==> Tanda-tanda itik atau bebek yang baik adalah :
  • Porsi tubuh sedang, tidak terlalu kurus dan terlalu gemuk
  • Bentuk seperti botol, bagian tubuh belakang lebih besar dan leher kecil
  • Mata lebih besar, bulat dan tampak bersinar dan sehat
  • Bulu kering, lembut dan tidak kasar
  • Tubuh tampak kompak dan padat
  • Paruh relatif panjang, lebih cembung, dan menutup dengan sempurna
  • Untuk itik yang belum bertelur, masih terlihat bulu-bulu halus
7. Bagaimana mengatasi penyakit pada bebek, dimana di dalam kerongkongan bebek terdapat seperti lintah berwarna merah kemudian menyebabkan gangguan pernafasan dan kemudian mati...?
==> Bebek terkena penyakit yang disebabkan sejenis cacing. Cara pengobatannya adalah sebagai berikut:
  • Berikan obat cacing pada bebek
  • Upayakan kandang dalam keadaan bersih, lantai kandang tidak terlalu becek dan basah, upayakan sinar matahari dapat menembus lantai kandang dan pekarangan kandang tempat aktifitas bebek
  • Bahan baku pakan upayakan dalam kondisi tidak berjamur atau berbau apek serta diupayakan bahan baku pakan tersebut di letakkan pada tempat yang kering, tidak gampang dihinggapi serangga-serangga, seperti lalat sebagai pembawa penyakit.
8. Kapan molting pada bebek petelur...?
==> Molting adalah masa gugur bulu. Bulu lama lepas kemudian ganti dengan bulu baru. Cepat lambatnya datang molting, banyak dipengaruhi oleh tata cara pemeliharaa, terutama dalam pemberian pakan. Itik yang dipelihara dengan pakan yang baik dan stabil kualitas dan kuantitasnya, masa produksinya bisa bertahan sampai 10 - 11 bulan. Tetapi bila pemberian pakan kurang baik, molting bisa datang pada bulan ke 4 - 5 masa produksi. masa molting, dimana produksi telur bebek sangat rendah sekitar 1 - 2 bulan. Selama itu peternak harus selalu memberikan makanan tetapi produksi telur hanya sedikit. Di beberapa daerah, bebek yang molting langsung diafkir oleh peternak, tetapi ada juga yang tetap dipelihara sampai molting selesai. Produksi telur pada periode ke-2 pasca molting relatif lebih rendah dari periode sebelum molting, tetapi ukurang telur lebih besar dan rata.

9. Apa peran Produk NASA terhadap peningkatan produksi telur bebek...?
==> Produk NASA membantu mengoptimalkan produksi telur bebek sampai 80 - 90% pada masa puncaknya, memperpanjang masa produksi telur, meningkatkan kualitas telur dan kesehatan bebek.


Demikianlah ulasan seputar bebek petelur atau itik petelur, semoga bermanfaat untuk semua peternak bebek di Indonesia dalam meningkatkan produktivitas telur bebek agar bisa memenuhi kebutuhan pasar dan tentunya menguntungkan peternak itu sendiri.

Video Kesaksian Penggunaan Produk NASA pada Bebek Petelur

ORDER PRODUK NASA

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kunci Sukses Budidaya Bebek Petelur "

Post a Comment