TERNAK ORGANIK NASA

STOCKIST NASA H.1339 BBM: D60FDB25 / WA: 0857-5692-2292

Cara Membuat Pakan Fermentasi Kambing Dari Kulit Kopi

Semangat pagi peternak nusantara...
Tentu Anda semua pernah mendengar bukan, ternak kambing tanpa ngarit tanpa angon....???
Apa yang dimaksud dengan ternak kambing modern tanpa ngarit tanpa angon, dan kenapa bisa demikian...? Bukankah hijauan adalah akan terbaik untuk kambing dan domba...?


Pada musim hujan memang banyak tumbuh subur pakan kambing tetapi petani harus susah payah hujan-hujanan untuk mencari rumput atau daun tersebut, sedangkan saat musim kemarau rumput dan daun susah diperoleh. Untuk itu kami memberikan solusi bagi peternak kambing dan domba untuk membuat pakan fermentasi kambing dengan memanfaatkan limbah pertanian yang ada. Bisa memanfaatkan rendeng kedelai, kacang tanah, pohon jagung, jerami, gedebog pisang, dll.

Tetapi pada kesempatan ini saya akan memaparkan bagaimana cara membuat pakan fermentasi kambing dari kulit kopi, dan ini sudah dipraktekkan oleh saudara Ali Mukti Mahmud dari Blitar, Jawa Timur yang kebetulan beliau memiliki kebun kopi yang cukup luas. Beliau memanfaatkan kulit kopi tersebut, diolah menjadi pakan untuk kambingnya..

Cara membuat pakan fermentasi kambing dari kulit kopi :


Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat pakan fermentasi kambing :

  • Kulit kopi sebanyak 100 kg
  • Drum atau tong plastik kapasitas 100 kg beserta tutupnya
  • Terpal untuk media pencampuran kulit kopi dan bahan fermentasi lain
  • Kotoran ulat hongkong 10 kg
  • Molases atau tetes tebu sebanyak 1 kg
  • Produk NASA yaitu TANGGUH PROBIOTIK (TAPRO) dan VITERNA Plus masing-masing 1 botol
  • Dedak atau bekatul sebanyak 10 kg
  • Garam 1 kg
  • 1 ember air (10 liter)
  • Pupuk urea 1 kg
Cara pembuatan :
  1. Campurkan kulit kopi, dedak, dan kotoran ulat hongkong secara merata
  2. Siapkan larutan mikroba dengan cara ember yang berisi 10 liter ar, kemudian masukkan 10 tutup Tangguh Probiotik dan 6 tutup Viterna Plus, garam 1 kg, tetes tebu atau molases 1 kg, pupuk urea 8 sendok makan dan diaduk sampai homogen atau merata.
  3. Siramkan larutan mikroba TANGGUH tersebut di atas permukaan campuran kulit kopi, dedak dan kotoran ulat hongkong secara merata.
  4. Campurkan larutan mikroba TANGGUH dengan bahan fermentasi secara merata.
  5. Masukkan ke dalam drum plastik fermentasi sedikit demi sedikit dan diikuti dengan pemadatan. Setelah itu drum plastik ditutup dengan rapat sampai tidak ada udara yang masuk, kemudian drum disimpan selama tiga minggu. 
  6. Setelah tiga minggu drum dibuka dan dikeluarkan kulit kopi hasil fermentasi kemudian dikering anginkan dahulu sebelum diberikan ke kambing atau sapi.

Demikianlah proses pembuatan pakan fermentasi kambing dari kulit kopi, semoga bermanfaat. Anda bisa menggunakan bahan lain untuk membuat pakan fermentasi dengan melihat keadaan yang ada pada sekeliling Anda. Limbah pertanian pun jadi lebih bermanfaat untuk pembesaran ternak anda tanpa capek ngarit lagi.


Harga Tangguh Probiotik 1 liter Rp.75.000,- (Wilayah Jawa)
Harga Viterna Plus 500 cc Rp.50.000,- (Wilayah Jawa)

Dapatkan Tangguh Probiotik dan Viterna Plus untuk pembuatan pakan fermentasi kambing hanya melalui Distributor Resmi NASA

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Pakan Fermentasi Kambing Dari Kulit Kopi"

Post a Comment