TERNAK ORGANIK NASA

STOCKIST NASA H.1339 BBM: D60FDB25 / WA: 0857-5692-2292

Aplikasi Produk Nasa Pada Perikanan

Petunjuk Aplikasi PRODUK NASA Bidang PERIKANAN (dalam satuan luas lahan per hektar)

Produk NASA untuk perikanan adalah pupuk TON (Tambak Organik Nusantara) yang berfungsi untuk mengelola lahan budidaya baik air payau maupun air tawar dan yang berfungsi untuk suplemen nutrisi di pakan adalah VITERNA Plus, POC NASA dan HORMONIK. 
Fungsi dan aplikasi Produk NASA sama saja baik di perikanan air tawar maupun air payau dan sama juga untuk semua jenis ikan.


1. Aplikasi pada saat Persiapan Kolam / sebelum isi air:

  • Dosis 2.5 kg TON (10 botol ukuran 250 gram)
  • Aplikasi TON yang pertama dilakukan di tanah dasar kolam atau tambak pada saat pengeringan setelah dipanen. TON berbentuk Granule atau butiran-butiran kecil sehingga aplikasinya dengan cara ditabur ke tanah secara merata, atau bisa dilarutkan dulu baru kemudian disiramkan merata ke tanah dasar kolam.
  • Aplikasi TON dilakukan sebelum dilakukan pengapuran. Menurut teknis yang benar, setelah diaplikasikan TON, kemudian dilakukan pengapuran dengan kapur dolomit dengan dosis 1 ton per hektar (100 kg per 1000 m2) atau sesuai dengan pH aktual, setelah itu kolam dibiiarkan 2 - 3 hari, kemudian air dimasukkan setinggi mata kaki dahulu, biarkan selama 3 hari untuk TON bekerja, baru kemudian air dimasukkan samapi penuh (kedalaman 100 - 120 cm)
  • Fungsi Aplikasi TON pada saat pengeringan ini adalah untuk menetralkan berbagai gas dan senyawa beracun sisa pembusukan bahan organik yang dihasilkan oleh budidaya sebelumnya yaitu amoniak dan H2S,
  • Selain sebagai penetral senyawa atau gas beracun tersebut, TON juga berfungsi menumbuhkan plankton yang berguna sebagai pakan alami ikan atau udang.
2. Aplikasi Selama Budidaya Berlangsung 

  • Selama budidaya berlangsung, TON juga harus diberikan secara periodic (rutin) ke air kolam atau tambak.
  • TON ditaburkan / disiramkan ke air kolam tiap 15 sampai 20 hari sekali.
  • Dosis: 500 gram (2 botol) tiap kali aplikasi.
  • Siramkan atau taburkan merata ke air kolam
  • Fungsinya terutama untuk mempertahankan kualitas air agar tidak terlalu menurun secara drastis karena pembentukan senyawa atau gas yang beracun tadi. Selain itu TON juga berfungsi menumbuhkan dan menyuburkan plankton yang baru sehingga ketersediaan plankton ti kolam atau tambak selalu terjaga.
3. Aplikasi VITERNA Plus, POC NASA dan HORMONIK sebagai suplemen pakan.

  • Cara aplikasi : VITERNA , POC NASA dan HORMONIK masing-masing satu botol di campur menjadi satu. Dosis pemberian adalah 1 tutup botol campuran tersebut digunakan untuk mencampur 3 kg pakan. Untuk menambah volume, larutan 1 tutup botol tersebut bisa ditambah dengan air sebanyak  0,5 sampai 1 liter air. Pencampuran dilakukan dengan pakan yang akan diberikan saja, karena jika mencampur dengan pakan yang baru diberikan esuk hari, akan bisa menimbulkan jamur.

Hal-hal lain yang perlu diperhatikan:
  1. Penebaran bibit ikan dilakukan secara hati-hati, terlebih dahulu periksa suhu pada tempat pemeliharaan sebelumnya, sesuaikan suhu air di tempat pemeliharaan sebelumnya dengan air di kolam pendederan.
  2. Akan lebih baik lagi jika ada kolam tandon (kolam khusus untuk mengendapkan kotoran) sebelum air dimasukkan ke kolam budidaya.
  3. Selama budidaya berlangsung, akan lebih baik lagi jika dilakukan kontrol kualitas air dalam hal suhu, keasaman (pH), kadar oksigen terlarut, daya tembus air (kecerahan air) dan kondisi udang atau ikan secara berkala.
  4. Untuk Produk lain yang menunjang budidaya perikanan diantaranya adalah : Saponin untuk membunuh ikan liar, Brestan untuk membunuh siput.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Aplikasi Produk Nasa Pada Perikanan "

Post a Comment