TERNAK ORGANIK NASA

STOCKIST NASA H.1339 BBM: D60FDB25 / WA: 0857-5692-2292

TANGGUH PROBIOTIK Untuk Ekosistem Kolam & Tambak

Keberadaan Mikroba-mikroba TANGGUH Probiotik di ekosistem perairan khususnya untuk budidaya udang atau ikan sangat-sangat diperlukan, karena akan membantu ikan dan udang untuk tidak mudah stress sehingga secara otomatis akan meningkatkan kekebalan terhadap penyakit dan mengurangi tingkat kematian mendadak karena pengaruh lingkungan yang ekstrim.


Pemakaian TANGGUH Probiotik ini akan membantu meningkatkan efektifitas dari pupuk TON (Tambak Organik Nusantara) sehingga kondisi perairan menjadi seimbang dan nyaman untuk hidup ikan dan udang.

System Kerja TANGGUH Probiotik Pada Kolam Dan Tambak:

  1. Menguraikan senyawa-senyawa berbahaya di dasar kolam sebagai residu dari pakan yang tidak termakan, bangkai-bangkai ikan atau udang yang mati, pengendapan dari pankton yang mati, ganggang (klekap) dsb. Penguraian ini dapat bersifat aerob (bantuan kincir atau aerator) atau anaerob (tanpa Oksigen / udara). Dari proses penguraian inilah kemudian dilepaskan CO2 yang kemudian ditangkap oleh phytoplankton untuk membantu proses fotosintesa pada siang hari. Selain itu penguraian oleh mikroba juga bisa menurunkan kadar amonia dan H2S (Hidrogen sulfida) di dalam air yang sangat beracun terhadap udang atau ikan. Sehingga secara otomatis juga berppengaruh terhadap kestabilan pH air atau tanah dasar kolam / tambak. Kondisi ini akan menyebabkan ikan dan udang hidup dengan nyaman di kolam / tambak/empang dan tidak mudah stress.
  2. Meningkatkan kemampuan ekosistem kolam untuk mengendapkan dan mengikat logam-logam berat di tambak atau kolam yang kebanyakan berasal dari residu pestisida, limbah pabrik. Dengan proses chelat dan pertukaran ion maka logam-logam berat akan dijerab dan diendapkan sehingga tidak akan masuk ke dalam tubuh ikan atau udang, sehingga sehat untuk dikonsumsi manusia.
  3. Membantu mempercepat pembentukan plankton yang menguntungkan baik zooplankton maupun phytoplankton. Karena selain melepaskan CO2 dalam proses decomposisi, juga secara langsung membantu pemecah mineral (mineralisasi) senyawa-senyawa di dasar kolam/tambak. Selanjutnya mineral ini merupakan nutrisi untuk phytoplankton yang membentuk warna menjadi hijau, hijau kecoklatan, kuning kehijauan, coklat dan merah (warna yang menguntungkan kehidupan ikan dan udang.
  4. Beberapa bakteri Nitrat, phospat, dan Kalium dalam TANGGUH Probiotik akan membantu ketersediaan ketiga unsur  tersebut sehingga dalam sistem budidaya NASA sudah tidak diperlukan pupuk N (UREA), P (SP-36), dan K (KCl).
  5. Mempertahankan kondisi ekosistem air (AQUATIK) yang seimbang, sehingga parameter yang mendukung juga lebih stabil, seperti suhu / temperatur tidak mudah berubah-ubah baik kondisi hujan dan perubahan siang dan malam, pH lebih stabil di kisaran netral, Oksigen terlarut (DO : Dissolve Oxygen) lebih terjaga, kandungan gas beracun bisa tertekan (amonia, H2S), dan siklus kematian plankton lebih panjang.
  6. Menekan berbagai macam penyakit dan patogen dalam air dan dasar kolam. Karena kemanapun mikroba di dalam TANGGUH Probiotik yang mampu mensekresikan senyawa-senyawa antimikroba.
Yang perlu mendapat perhatian adalah, bahwa pemakaian TANGGUH Probiotik di air jangan sampai dicampur dengan pupuk kandang, limbah-limbah pabrik dan sampah. Hal ini untuk menghindari rekayasa lingkungan yang terlalu ekstrim di dalam kolam atau tambak, karena bahan-bahan di atas komposisinya belum bisa dipertanggungjawabkan.

TANGGUH Probiotik sebelum di pakai ke koman bisa di aktivasi dengan bahan-bahan seperti Gula, dedak (bekatul), jus pisang, putih telur, atau ragi (yeast). Pemberian bahan-bahan ini akan membantu aktivasi sel-sel dan spora yang dorman, dan menyiapkan makanan duluan sebelum dipekerjakan di kolam atau tambak. Tetapi jika dipakai langsung ke air sudah bisa memberikan pengaruh positif secara langsung juga, karena begitu berinteraksi dengan nutrisi organik dasar kolam atau air akan beraksi sama juga... (sumber: Bp. Fahmi Rosyadi, SP. Direktur Supply produk TANGGUH, peneliti dan konsultan PT. Natural Nusantara)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TANGGUH PROBIOTIK Untuk Ekosistem Kolam & Tambak "

Post a Comment