TERNAK ORGANIK NASA

STOCKIST NASA H.1339 BBM: D60FDB25 / WA: 0857-5692-2292

Budidaya Ayam Kampung NASA

Dewasa ini permintaan ayam kampung di Indonesia baik dari daging maupun telurnya terus mengalami peningaktan. Akan tetapi, sampai saat ini sebagian besar para peternak masih melakukan cara zaman dahulu untuk beternak ayam kampung, yaitu dengan cara diumbar.

Beternak dengan cara tersebut sungguh tidak bisa diandalkan jika tujuan dari pemeliharaan ayam adalah untuk usaha profit oriented. Teknik menguntungkan budidaya ayam kampung sungguh menjadi hal yang wajib bagi para peternak untuk mulai dipelajari agar mendatangkan keuntungan yaang lebih sebagai bisnis peternakan.

Supaya dalam budidaya ayam kampung ini berhasil dan mendatangkan keuntungan lebih banyak, manajemen tata kelola yang benar an sangatlah baik diperlukan.


FAKTOR  YANG PALING DIPERHATIKAN DALAM BUDIDAYA AYAM KAMPUNG :

1. Pemilihan bibit ayam kampung

Jika tujuan dari beternak ayam kampung adalah untuk diambil dagingnya , maka memilih DOC atau bibit ayam kampung dari keturunan ayam yang bertumbuh besar dan pertumbuhannya cepat sangat disarankan. Disamping itu, waktu penetasan DOC atau bibit ayam kampung harus tepat waktu yaitu 21 hari, tidak terlalu cepat dan tidak terlambat.

Beberapa ciri DOC yang memiliki kualitas bagus adalah ayam berdiri tegap, sehat, tidak cacat, mata bersinar, bulunya bersih dan mengkilap serta pusar yang terserap sempurna. Dan jangan lupa untuk selalu memberikan vaksin sesuai dengan usia DOC.

2. Pakan pada ayam kampung

 

 Kelebihannya , pakan ayam kampung tidak serumit pakan ayam lain seperti broiler, ayam petelur , dan lain-lain. Pakan alternatif cukup bisa menghemat biaya produksi sehingga mendatangkan keuntungan lebih banyak.

Dalam menyusun ransum untuk ayam kampung harus memperhatikan kebutuhan nutrisi, yaitu protein kasar (PK) sebanyak 12 % dan energi  metabolisme (EM) sebanyak 2.500 Kkal/kg.

Jumlah pakan ayam kampung disesuaikan dengan usia ayam kampung terseut, berikut sedikit acuannya :
  • Usia 1 minggu : 7 gram per hari
  • Usia 2 minggu : 19 gram per hari
  • Usia 3 minggu : 34 gram per hari
  • Usia 4 minggu : 47 gram per hari
  • Usia 5 minggu : 58 gram per hari
  • Usia 6 minggu : 66 gram per hari
  • Usia 7 minggu : 72 gram per hari
  • Usia 8 minggu : 74 gram per hari
Sedangkan untuk minuman ayam kampung diberikan secara tidak terbatas. Jika dalam wadah habis , segera ditambahkan lagi.

Dengan pemberian pakan standar tersebut belum cukup intensif untuk membuat peternakan ayam kampung berhasil. Oleh karena itu PT Natural Nusantara (NASA) mengeluarkan serangkaian prodyk vitamin unggulan yang sudah dibuktikan sangat bermanfaat  bagi pengingkatan produktivitas peternakan ayam kampung. Agar mendapatkan hasil ayam kampung yang baik dari segi kuantitas , kualitas dan efektivitas. Produk tersebut diantaranya VITERNA, POC NASA dan HORMONIK.

VITERNA PLUS adalah suplemen khusus ternak kandungan :
  1. Vitamin lengkap yaitu A, D, E , K , C, dan B komplek untuk kesehatan dan ketahanan tubuh terhadap penyakit
  2. Asam amino utama seperti Arginin, Histidin, Isoleucine, Lycine. Methionine, Phenylalanine, Threonine, Thryptophan dan Valine yang berfungsi sebagai protein untuk pembentukan protein sel, jaringan dan organ tubuh.
  3. Kandungan lain adalah mineral - mineral yang penting untuk pertumbuhan tulang, organ luar dan organ dalam, pembentukan darah dan sistem pada tubuh yang lain.
Sedangkan pemberian POC NASA yang mengandung berbagai mineral penting untuk pertumbuhan ayam ternak , seperti N, P, K, Ca , Mg, Fe dan lain - lain serta dilengkapi dengan protein dan lemak nabati yang mampu meningkatkan pertumbuhan ternak ayam kampung, ketahanan tubuh pada babi, mengurangi kadar kolesterol daging  sehingga menghasilkan ayam yang berkualitas dan mengurangi bau kotoran. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal saat pemberian POC NASA disaeankan untuk ditambahkan dengan HORMONIK.

HORMONIK ini mempunyai peranan besar sebagai zat pengatur tubuh, HORMONIK sangat penting dalam meningkatkan  pertumbuhan ternak babi. Sehingga budidaya ayam kampung bisa diakukan dalam wajtu yang singkat tetapi mencapai hasil panen yang maksimal.

Dalam pemakaian VITERNA PLUS , POC NASA , DAN HORMONIK bisa dilakukan sebagai campur air minum atau dicampurkan sebagai pembasahan pada pakan konsentrat..

3. Kandang untuk ayam kampung

DOC atau ayam kampung ditempatkan dikanang box. Dengan ukuran 1 x 1 meter dan dapat diisi sebanyak 40 sampai 45 DOC.

Memasuki hari ke 21 ayam kampung dipindah ke kandang postal. Ukurannya menyesuaika dengan jumlah ayam kampung, kandang postal denga ukuran 5 x 20 meter bisa diisi sebanyak 1.200 ekor  ayam kampung unggulan. Ayam kampung ditempatkan dikandang postal ini saat umur 21 hari sampai waktu panen.

4.Penyakit ayam kampung

Penyakit yang menyerang ayam kampung kerap kali menimbulkan masalah dan kerugian besar bagi peternak ayam. Oleh karena itu, pengendalian dan pencegahan penyakit sangat penting untuk dilakukan. Berikut beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakitnya antara lain :
  1. Melakukan vaksinasi secara teratur
  2. Manajemen pemeliharaan yang baik
  3. Menjaga sanitasi lingkungan kandang, peralatan kandang dan manusianya.
  4. Pemberian pakan yang fresh dan sesuai kebutuhan ternak
  5. Pemilihan lokasi peternakan didaerah yang bebas penyalit
  6. Kontrol terhadap binatang lain

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Budidaya Ayam Kampung NASA"

Post a Comment